Rabu, 11 April 2012

Pendapat Saya Tentang Tradisi Maulid Nabi di masyrakat kita pada umumnya.

Saya lahir diBanjarmasin dan keluarga saya semua beragama Islam. Saya disini akan mengutarakan pendapat saya tentang peringatan maulid nabi disekitar masyarakat kita.Maulid nabi merupakan perayaan hari kelahiran nabi Muhammad SAW. tetapi menurut pendapat saya maulid nabi merupakan perbuatan yang sia-sia belaka,kenapa saya bilang begini karena dari zaman Nabi sampai masa khafilah khulafaur rasyidin tidak pernah Beilau menganjurkan atau memerintahkan umat islam untuk merayakan hari kelahiran Beliau,Tetapi anehnya masyarkat kita bisa menetukan hari lahirnya Nabi Muhammad padahal para ulama memilki perbedaan pendapat yang tajam dalam pernetapan tanggal kelahiran Nabi,meskipun mereka sepakat bahwa beliau lahir pada hari senin padahal nabi pernah bersabda barang siapa mengada-ada amalan dalam agama kami maka amalnya akan tertolak.Nh,jadi bagaimana tentang peringatan maulid nabi yang jelas beliau tidak pernah merayakan Hari kelahiran Beliau. Jadi kita kembali ke pribadi masing-masing saja memperingati hari kelahiran Nabi saw itu hukumnya bukan wajib, tetapi ia boleh dilakukan dengan syarat menjauhi perkara-perkara bid'ah dan syirik yang mengadung wirid-wirid atau bacaan sejenis yang tidak jelas sumber dan dalilnya. Tks.

1 komentar: